Pages

Unik !! Di Maroko Kambing Terbiasa Nangkring di Atas Pohon

Kambing adalah salah satu jenis ternak yang mudah di pelihara, selain kemudahan dalam mencari pakan tak jarang pemilik melepas liar sang kambing.
 
Uniknya kambing Maroko memanjat pohon
Uniknya kambing Maroko memanjat pohon (Source Image)
Terdapat berbagai jenis kambing yang lumrah di pelihara di Indonesia, mulai dari ras lokal hingga kambing yang didatangkan dari luar Indonesia dengan tujuan untuk memperbaiki hasil anakan. Di dunia ini tentu saja terdapat banyak sekali jenis kambing dengan segala keunikannya, termasuk salah satu jenis kambing yang hidup di negeri matahari terbenam yakni Maroko.

Kambing Maroko
Kambing Maroko (Source Image)
Di negeri yang terletak di Benua Afrika ini kambing bisa di katakan sedikit lebih ekstrem karena tak jarang kambing yang bergelanyut di pohon saat mencari makan. Berdasarkan hasil penelitian, kambing asli Maroko ini memiliki bentuk kaki yang unik sehingga membuat mereka dengan mudah mencengkeram dahan pohon. Setiap kaki memiliki dua jari yang dapat dilebarkan, sehingga membuat mereka mampu mengatur keseimbangan. Tak sampai disitu, tapak kaki yang memiliki kontur yang lembut membantu mereka untuk mencengkeram batang pohon, sehingga tak ayal para kambing ini bisa berlama-lama eksis di atas pohon.

Kambing Maroko
Kambing Maroko (Source Image)
Pohon Argan adalah jenis pohon yang biasa di panjat oleh kambing Maroko ini untuk memakan buahnya. Melihat kebiasaan unik yang dilakukan oleh para kambing, petani di negara Maroko memanfaatkan para kambing untuk kemudian mengambili biji buahh Argan yang ternyata tak mampu di cerna oleh sistem pencernaan kambing. Oleh para petani biji ini kemudian diolah menjadi minyak atau yang di kenal sebagai 'emas cair' oleh masyarakat setempat, kegunaan dari minyak ini adalah sebagai pelembab wajah, mencegah penuaan, juga berkhasiat untuk penyembuh bekas luka. Manfaat dari biji tersebut sudah diyakini di Maroko sejak tahun 1550 Sebelum Masehi.

Sayangnya saat ini pohon Argan dinyatakan sebagai salah satu jenis pohon yang dinyatakan sebagai spesies hampir punah. Melihat ancaman tersebut, pemerintah setempat melakukan pelarangan bagi kawanan kambing untuk memanjat pohon di waktu-waktu tertentu dalam setahun. Tindakan ini di ambil supaya keberadaan pohon Argan tetap lestari.

Unknown

Seseorang yang biasa saja, lahir besar dan menetap di Kota Angin yang sejuk. Hidup dalam kesederhanaan, sedikit bicara, antusias dengan pengetahuan dan suka menjelajah tempat baru. Teknologi menjadi bagian dari gaya hidup, memanfaatkan teknologi untuk membangun komunitas dan menjalin pertemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar