Pages

Bijak Memilih Posisi Tidur Terbaik, Demi Kenyamanan dan Kualitas Tidur Anda.

Kesehatan itu mahal. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Agaknya dua kalimat tersebut sering kali kita dengar, baca, atau sampaikan kepada orang lain. Banyak cara yang dilakukan agar tetap sehat, diantaranya dengan rajin melakukan olahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Namun tak hanya sampai disitu, kualitas tidur yang baik pun akan mampu meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Posisi tidur yang baik adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang. Beberapa dari kita mungkin merasa nyaman tidur dengan posisi terlentang, sementara lainnya dapat memilih posisi tidur dengan menyamping ke kiri atau kanan. Posisi tidur yang baik dan benar ditandai setiap kali Anda bangun tidur tubuh merasa segar tanpa rasa sakit leher sedikit apapun. Posisi tidur yang tepat akan memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang baik.

Menurut American Infografis, posisi tidur memiliki beberapa macam variasi dan masing-masing memiliki dampak signifikan terhadap kualitas tidur Anda. Baca terus untuk mengetahui informasi selanjutnya.

1. Tidur Terlentang

Apabila Anda memiliki masalah dengan mendengkur, ini adalah posisi terbaik yang dapat Anda pilih untuk tidur. Tidur terlentang dengan menumpu pada punggung sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah dengan sakit punggung dan leher dengan menjaga posisi kepala dan leher dalam posisi netral. Selain itu tidur terlentang juga dapat membantu mengurangi keriput. Hal ini juga baik untuk menurunkan zat asam karena posisi kepala Anda lebih tinggi dari pada perut.

Posisi Tidur Terbaik
Foto sumber: www.futurism.com


2. Tidur Menyamping

Tidur menyamping ke kiri atau kanan mungkin memang bagus bagi mereka yang sedang hamil tapi itu bukan pilihan terbaik yang dapat dipilih. Sama halnya dengan posisi tidur terlentang, posisi tidur menyamping juga dapat mencegah asam dan mengurangi resiko mendengkur. Namun tidur menyamping bisa berakibat buruk bagi payudara dan wajah Anda, pasalnya tidur menyamping akan membuat wajah Anda menekan bantal dalam waktu yang lama. Begitu pun dengan payudara Anda.

Posisi Tidur Terbaik
Foto sumber: www.futurism.com

 
3. Tidur Saat Hamil

Ini adalah posisi tidur yang buruk karena dapat menghambat diafragma saat bernapas. Kecuali jika Anda sedang hamil, posisi janin dapat menyebabkan arthritis dan nyeri sendi. Sebenarnya posisi tidur menyamping baik untuk sirkulasi darah, namun yang wajib diperhatikan adalah jangan sampai posisi tulang belakang atau punggung yang terlalu melengkung. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami sakit punggung dan merasa tak segar saat bangun. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah posisi dari lutut, dimana ia akan tertekuk sepanjang malam. Posisi yang salah akan mengakibatkan sakit leher.

Posisi Tidur Terbaik
Foto sumber: www.futurism.com


4. Tidur Tengkurap

Bagi kebanyakan orang, tidur dengan posisi tengkuap mungkin merupakan posisi yang nyaman tapi tanpa Anda sadari sebenarnya ini dapat menyebabkan nyeri sendi. Dengan kepala ke satu sisi, hal ini menyebabkan masalah pada leher serta kerusakan tulang belakang akibat posisi tulang belakang tidak merata. Dada yang tertekan sepanjang malam juga memungkinkan Anda mengalami nyeri.

Posisi Tidur Terbaik


Tentunya tidur terlentang bisa menjadi posisi tidur terbaik yang dapat Anda pilih. Entah disadari ataupun tidak, posisi tidur pun memiliki korelasi terhadap kesehatan Anda. Posisi tidur yang tidak nyaman justru akan membuat Anda merasa kaku dan tidak segar saat bangun tidur. Tentu kita juga harus rajin berolahraga secara rutin agar tubuh tetap fit dan bugar.

Unknown

Seseorang yang biasa saja, lahir besar dan menetap di Kota Angin yang sejuk. Hidup dalam kesederhanaan, sedikit bicara, antusias dengan pengetahuan dan suka menjelajah tempat baru. Teknologi menjadi bagian dari gaya hidup, memanfaatkan teknologi untuk membangun komunitas dan menjalin pertemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar