Pages

Menakjubkan, 12 Hal Tak Biasa Yang Hanya Akan Anda Temukan di Jepang

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Negeri Matahari Terbit, Jepang, adalah sebuah negara yang menakjubkan dimana Anda bisa menemukan begitu gencarnya peradaban teknologi disana. Berbagai macam inovasi terus dan selalu berusaha di kembangkan guna mempermudahkan kehidupan.

Di Jepang Anda juga akan dikejutkan oleh etika harfiah aturan budaya setiap lingkungan. Dimana perjalanan, pekerjaan, belanja dan hiburan semua diatur dengan harmonis oleh aturan perilaku sosial yang benar, membuat bangsa Jepang menjadi bangsa yang cerdas.

Berikut adalah 12 hal menakjubkan di Jepang yang akan memukau Anda tentang seberapa baik negara dalam menerapkan disiplin berperilaku sosial.

1. MINUMAN KALENG DISABILITAS

Kaleng Disabilitas Jepang
Foto sumber: www.moreinspiration.com
 

Jepang menjadi negara yang ramah dengan penyandang disabilitas, khususnya Tuna Netra. Sebuah inovasi diciptakan di jepang untuk mempermudah konsumen berkebutuhan khusus mengetahuai tentang jenis minuman apa yang mereka minum. Minuman kaleng memiliki nama dan informasi yang dicetak dalam huruf Braille pada kaleng, dengan demikian akan sangat memudahkan bagi konsumen.

2. TIDUR SAAT KERJA

Inemuri di Jepang
Foto sumber: www.brightside.me
 

Di antara hal-hal menakjubkan yang dapat ditemukan di Jepang, ada satu hal lagi yang harus Anda renungkan karena tak mungkin ditemukan di negara lain, yakni tidur di tempat kerja? Yah? Jepang mengakui pentingnya keseimbangan antara kerja manusia dan sistem. Di Jepang praktek tidur di tempat kerja disebut sebagai 'Inemuri' yang diterjemahkan sebagai 'sekarang saat tidur'. Pada prinsipnya, perhatian dan partisipasi aktif diharapkan di tempat kerja, dan tertidur di tempat kerja dapat menciptakan kesan kelesuan dan lalai dalam pekerjaan. Hal ini mungkin saja adalah efek samping dari kelelahan yang sangat saat bekerja, karena hampir seluruh pekerja di Jepang memiliki etos kerja yang baik, totalitas dalam memberikan input kepada perusahaan, memenuhi jadwal tepat waktu, dan sebagainya. Jadi, kebiasaan Inemuri tidak lantas mengungkapkan kecenderungan tentang malas. Sebaliknya, ini adalah keadaan tidak lazim dimana demi menjalin pelaksanaan tugas Inemuri dianggap sebagai sesuatu yang amat pantas.

3. KURSI MULTI FUNGSI

Kursi Multi Fungsi
Foto sumber: www.brightside.me
 

Salah satu hal yang paling umum terlihat di seluruh dunia adalah orang-orang yang menggantung tas mereka pada kursi di tempat umum, sekolah atau bahkan restoran. Jepang telah menciptakan sebuah kursi unik dengan cekungan kecil, hal ini bertujuan untuk menahan tas agar tidak tergelincir dari kursi.

4. HEAT TABLE

Heat Table di Jepang
Foto sumber: www.inhabitat.com
 

Ini adalah sebuah inovasi alat yang benar-benar rapi. HEAT TABLE adalah meja dengan selimut yang dipanaskan dari bagian bawah sampai tingkat hangat tertentu sehingga membuat merasa yang nyaman. Ini pertama kali dikembangkan di abad ke-14 dan sering dapat dilihat di Jepang. Penemuan ini benar-benar dapat membuat seseorang mengalami perasaan paling menyenangkan.

5. SPA DALAM KERETA

Spa dalam kereta
Foto sumber: www.brightside.me
 

Di mana lagi Anda dapat berharap untuk mendapatkan pengalaman spa kaki dalam kereta? Jawabnya hanyalah di negara Jepang. Kereta komuter datang lengkap dengan pemandian air panas sehingga memungkinkan Anda untuk merendam kaki Anda dan mengurangi kejenuhan saat bepergian.

6. KAFE KUCING

Kafe Kucing di Jepang
Foto sumber: www.hanasuva.com
 

Kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipilih oleh manusia sebagai hewan peliharaan. Sikap lucu dan menggemaskan dari kucing bisa membuat tertawa dan bahagia. Jepang memiliki banyak sekali pecinta kucing karena mereka tampaknya sangat mencintai keceriaan dan kehangatan kucing. Itulah sebabnya terdapat sejumlah kafe kucing di Jepang yang memungkinkan pengunjung dapat bersantai selama makan atau minum secangkir kopi ditemani kucing yang sedang bermalas-malasan di sofa bahkan meja. Kebanyakan kucing di kafe berasal dari kucing jalanan yang diselamatkan. Sejumlah protes pun dilayangkan, pasalnya ini dianggap melanggar hak kesejahteraan hewan demi komersil. Buntutnya, pada April 2016 sebuah kafe kucing di Tokyo dihentikan sementara operasionalnya setelah inspeksi dilakukan oleh pemerintah. Sejumlah konsumen mengatakan jika kafe tersebut memiliki bau tak sedap dan kotor, petugas juga menemukan beberapa ekor kucing sedang menderita flu.

7. TISU GRATIS

Tisu Gratis
Foto sumber: www.fujitv.co.jp
 

Untuk kenyamanan umum Anda, tisu diberikan secara gratis di jalanan. Pembagian tisu ini biasanya di bagikan di pintu keluar stasiun, atau dekat kafetaria. Setiap minggunya pemerintah kota, lembaga maupun perusahaan membagikan secara gratis tisu tersebut, biasanya dibagikan oleh mahasiswa kerja paruh waktu ataupun staf perusahaan bersangkutan.

8. TOILET MULTI FUNGSI

Toilet multi fungsi
Foto sumber: www.brightside.me
 

Di negeri Jepang toilet tidak hanya memegang fungsi dasar untuk MCK; Mereka memiliki toilet dengan kegunaan multi fungsi dimana penyandang disabilitas dapat membersihkan diri atau memanaskan diri dengan beberapa fitur lainnya.

9. KAPSUL TIDUR

Hotel Kapsul di Jepang
Foto sumber: www.brightside.me
 

Jepang memiliki banyak fasilitas publik yang memanjakan dan memudahkan warga negaranya. Salah satu layanan publik di Jepang yang terkenal unik adalah sesuatu yang disebut kapsul tidur. Anda dapat menyewa kapsul ini jika dirasa sudah terlalu larut malam saat pulang dari tempat kerja. Meski berukuran mini, hotel kapsul ini sudah cukup mengakomodir semua kebutuhan Anda mulai dari soket charger, kasur, jaringan wi-fi hingga televisi.

10. POPPER

Foto sumber: www.pinimg.com
 

Sejauh mana Anda sudah bisa menghilangkan stress? Jepang adalah salah satu negara di dunia yang memiliki etos kerja yang baik. Persaingan kerja yang ketat terkadang membuat sebagian karyawan di jepang dilanda stres. Di Jepang terdapat sebuah alat yang disebut 'POPPER' yang sanggup menimbulkan efek menenangkan dengan permainan gelembung. Di Jepang, POPPER disediakan gratis sehingga karyawan yang merasakan stress dapat meredakan stres berlebih dengan permainan sederhan ini. Tak ada salahnya untuk mencoba POPPER jika suatu hari nanti Anda memiliki kesempatan berkunjung ke Jepang dan rasakan bagaimana perasaan Anda.

11. TAKSI PINTU OTOMATIS

Taksi Otomatis
Foto sumber: www.musuvi.jp
 

Jepang sudah terpaku dengan otomatisasi dalam segala sendi kehidupan, sektor transportasi pun tak luput dari otomatisasi. Itulah sebabnya mayoritas taksi di negara Jepang memiliki pintu otomatis yang mana membuat Anda tidak perlu repot-repot lagi ketika membuka atau menutup pintu taksi yang Anda pesan. Hampir semua taksi di Jepang memiliki lisensi resmi, dan pengemudi taksi di Jepang memiliki hak untuk menolak penumpang yang tengah mabuk berat. Hampir semua pintu taksi di Jepang di buka dan di tutup oleh pengemudi secara otomatis, selain itu dalam hukum yang berlaku di Jepang mengharuskan semua penumpang untuk mengenakan sabuk keselamatan.

12. JALAN MUSICAL

Jalan Musical di Jepang
Foto sumber: www.kinja-img.com
 

Hal menakjubkan lainnya yang dapat ditemukan di Jepang adalah Anda bisa mengemudi di jalan-jalan tertentu di negara dengan pengecualian. Dinamakan Musical Road karena melaju di atas jalan ini akan menimbulkan getaran ynang terdengar seperti nada. Jalanan seperti ini kebanyakan ditandai dengan not tanda nada ataupun papan di tepi jalan, nada yang dihasilkan berasal dari guratan-guratan horizontal pada ruas jalan. Ketika guratan tersebut dilalui oleh kendaraan, maka gesekan antara roda dan guratan akan menghasilkan getaran yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian kendaraan dalam bentuk nada. Tinggi maupun rendahnya nada yang dihasilkan tergantung pada jarak masing-masing guratan yang dibuat. Sebenarnya selain di Jepang, Musical Road juga dapat ditemukan di Korea Selatan, Denmark, Meksiko, San Marino juga Amerika Serikat.

Unknown

Seseorang yang biasa saja, lahir besar dan menetap di Kota Angin yang sejuk. Hidup dalam kesederhanaan, sedikit bicara, antusias dengan pengetahuan dan suka menjelajah tempat baru. Teknologi menjadi bagian dari gaya hidup, memanfaatkan teknologi untuk membangun komunitas dan menjalin pertemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar